Tenaga perpustakaan MAN 5 Madina magang 5 hari

Tepatnya tanggal 21 Juli 2022 lalu, MAN 5 Mandailing Natal mengabarkan melalui surat resminya akan mengadakan studi ke UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (Syahada) Padangsidimpuan terkait pengolahan bahan pustaka dengan aplikasi SLiMS. SLiMS adalah aplikasi berbasis opensource yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan. Pemanfaatan otomasi perpustakaan menjadi keniscayaan guna menciptakan layanan prima perpustakaan modern saat ini.

Setelah melalui proses administrasi di Biro Umum UIN Syahada Padangsidimpuan, peserta magang tersebut dapat melaksanakan kegiatannya yang terhitung sejak hari Senin tanggal 25 Juli 2022. Jumlah peserta magang yang diutus oleh MAN 5 Mandailing Natal sebanyak 2 (orang) tenaga perpustakaan.

Kedua tenaga perpustakaan MAN 5 Mandailing Natal sedang berbincang-bincang dengan Yusri Fahmi S.Ag., S.S., M.Hum. (Kepala UPT Pusat Perpustakaan).

Nama peserta magang adalah Putri Jannawari, S.Pd. dan Hasanah Siregar, S.E. Selama magang, keduanya mendapat bimbingan secara bergantian dari masing-masing bidang layanan yang terdapat di Perpustakaan UIN Syahada Padangsidimpuan. Selain mendapatkan bimbingan dalam pengolahan buku menggunakan aplikasi SLiMS, peserta magang juga mendapat bimbingan seputar layanan teknis, layanan pemustaka, layanan teknologi, informasi dan data, sampai kepada layanan administrasi keanggotaan.

Pelaksanaan magang berakhir pada tanggal 29 Juli 2022, yang artinya mereka telah mendapatkan bimbingan selama 5 (lima) hari berturut-turut. Di akhir pertemuan, Kepala UPT Pusat Perpustakaan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum., memberikan sertifikat kepada Putri Jannawari dan Hasanah Siregar. Harapannya, ilmu yang di dapat selama magang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk diterapkan di Perpustakaan MAN 5 Mandailing Natal.