Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan kembali gelar Workshop Literasi Informasi Online

Selasa(07/06/2022) UPT Pusat Perpustakaan IAIN padangsidimpuan tahun ini kembali melaksanakan kegiatan Workshop Literasi Informasi Online bagi Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan workshop yang dilaksanakan di Aula UPT Pusat Perpustakaan  IAIN Padangsidimpuan  pada hari Selasa, 7 Juni 2022 tersebut menghadirkan secara langsung (on site)  narasumber handal dari Digital Library Universitas Negeri Medan (Unimed), Donni Yudha Prawira, S.Sos., M.I.Kom. Seorang pustakawan madya  yang sarat dengan pengalaman dan pengetahuan tentang sumberdaya informasi ilmiah khususnya yang berbasis digital.

Dalam sambutannnya Bapak Yusri Fahmi, S.Ag., SS. M.Hum mengatakan “ berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan zoom, tahun 2022 ini kita langsung  menghadirkan narasumber ke perpustakaan kita supaya para mahasiswa peserta workshop ini dapat berinteraksi secara langsung dengan narasumber sehingga tidak terjadi lagi kendala teknis dalam hal berkomunikasi dengan narasumber. Begitu juga sebaliknya.” “Kita mengucapkan terima kasih kepada bapak Donni Yudha Prawira, S.Sos., M.I.Kom yang telah berkenan menjadi narasumber pada kegiatan workshop literasi  online tahun ini,” lanjutnya.

Di hadapan 100 mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang mengikuti workshop tersebut, Donni Yudha Prawira, S.Sos., M.I.Kom menyampaikan materi yang terbagi dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, beliau memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang konsep akses terbuka (open access) dilanjutkan dengan pengenalan tentang sumber daya informasi ilmiah online seperti databases, repository, e-journal, dan open access e-books. Sedangkan pada sesi kedua, beliau menyampaikan materi tentang pengembangan strategi penelusuran informasi ilmiah online dengan menggunakan mesin pencari (search engine) Google  seperti penggunaan Boolean logic & advanced search dan lain-lain. Pada sesi kedua ini juga beliau menjelaskan tentang pengorganisasian dan pengelolaan dokumen informasi ilmiah dengan menggunakan reference manager software seperti zotero. Dengan dibimbing oleh narasumber, mahasiswa mempraktekkan secara langsung bagaimana menggunakan  aplikasi zotero tersebut sehingga mereka dapat melihat dan merasakan secara langsung juga  manfaat dan faedah penggunaan aplikasi zotero tersebut dalam penulisan baik makalah kuliah maupun skripsi mereka nantinya.

“seharusnya mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dapat memanfaatkan semua pangkalan data atau situs-situs penyedia informasi ilmiah yang terdapat pada website UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan karena menurut saya semuanya sudah cukup lengkap tercantum di website tersebut. Mahasiswa sangat terbantu sekali dengan website perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan literatur seperti artikel jurnal, laporan hasil penbelitian, e-books, skripsi, tesis untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah mereka,” tegas Donni Yudha Prawira saat menyampaikan kata-kata penutup penyampaian materi.

Sementara itu, saat sesi penutupan kegiatan workshop, Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., SS. M.Hum, mengajak dan mengimbau kepada seluruh peserta agar memanfaatkan sebaik mungkin dan sebanyak mungkin pangkalan data atau aplikasi yang telah disediakan oleh UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan yg terdapat pada website resmi perpustakaan guna memenuhi kebutuhan informasi ilmiah mereka.