UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan laksanakan study benchmarking ke Perpustakaan IAIN Curup dan Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Senin (15/11/2021) Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum  mengadakan kunjungan study benchmarking ke UPT Perpustakaan IAIN Curup dan Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Turut serta bersama beliau dalam kunjungan tersebut 5 orang staf perpustakaan yang terdiri dari Zuraidah S.Sos (Koordinator Bidang Layanan Teknis), Muhammad Ihsan Ritonga, S.Sos ( Koordinator Bidang Layanan Pemustaka), Muhammad Nuddin, S.Pd.I., M.Pd (Koordinator Bidang Perlengkapan dan Kerumahtanggaan), Adi Firmansyah, S.Pd dan Rina Edipa, SE ( Staf Bidang Layanan Pemustaka Sub Bidang Pengrakan Koleksi Buku). Kunjungan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, dimana pada hari pertama Senin, 15 Nopember 2021 rombongan dari UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan berkunjung ke UPT Perpustakaan IAIN Curup. Keesokan harinya, Selasa, 16 Nopember 2021 kunjungan dilanjutkan ke Pusat Perpustakaan UIN fatmawati Sukarno Bengkulu.

Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum  mengatakan bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kinerja layanan dan menambah wawasan staf UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan tentang inovasi layanan digital dan optimalisasi teknologi informasi di perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) di Propinsi Bengkulu dalam hal ini adalah UPT Perpustakaan IAIN Curup dan Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.”Kita ingin melihat secara langsung inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh kedua perpustakaan tersebut khususnya dalam memanfaatkan teknologi informasi yang ada guna meningkatkan kualitas layanan kepada para pemustaka mereka di era new normal sekarang ini,” ujarnya.

Sebelum berkunjung ke UPT Perpustakaan IAIN Curup, Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum beserta rombongan disambut  oleh Wakil Rektor I IAIN Curup, Dr. H. Beni Azwar, M.Pd.,Kons di ruang kerja Rektor IAIN Curup didampingi oleh Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup, Jurianto, S.Pd.I.,M.Hum dan Dr. Sumarto Pohan, M.Pd , alumni IAIN Padangsidimpuan yang saat ini mengabdi sebagai dosen di IAIN Curup. Pada kesempatan tersebut Dr. H. Beni Azwar, M.Pd.,Kons mengatakan bahwa beliau menyambut gembira kedatangan rombongan dari UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan ke IAIN Curup. “Semoga kunjungan ini dapat memberi manfaat bagi kedua belah pihak dalam memajukan perpustakaan masing-masing dan semakin memperkokoh jalinan kerjasama yang sudah terbina selama ini,”ungkapnya.

Selanjutnya, suasana kekeluargaan juga dirasakan oleh rombongan UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan saat berada di UPT Perpustakaan IAIN Curup. Kepala UPT Perpustakaan IAIN Curup, Jurianto, S.Pd.I.,M.Hum didampingi beberapa staf perpustakaan dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau senang sekali dan bergembira dengan kedatangan Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum beserta rombongan. Menurut beliau kesempatan bisa dimanfaatkan untuk sharing pengalaman dan tukar pikiran terkait dengan pengelolaan perpustakaan masing-masing termasuk juga kendala-kendala yang dihadapi selama ini. Terakhir sebelum meninggalkan UPT Perpustakaan IAIN Curup, Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum beserta rombongan berkeliling melihat-lihat semua fasilitas dan sarana yang tersedia di UPT Perpustakaan IAIN Curup.

Keesokan harinya, Selasa, 16 Nopember 2021 Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum beserta rombongan berkunjung ke Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu yang saat itu disambut oleh Plt Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Samsudin, M.Pd didampingi oleh Plt. Kepala Perpustakaan, Syahril, S.Sos.I., M.Ag dan Plt. Waki Dekan II Bidang Administrasi Umum Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Dr. Ali Akbarjono, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Samsudin, M.Pd menyampaikan bahwa pimpinan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu menyambut baik kedatangan rombongan dari UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan untuk melakukan study benchmarking di Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Beliau juga berharap agar kunjungan ini memberi dampak positif bagi pengembangan perpustakaan kedua belah pihak dimasa yang akan datang. Sementara itu, Syahril, S.Sos.I., M.Ag selaku Kepala Perpustakaan mengatakan bahwa senada dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu juga bergembira sekali dengan kedatangan rombongan UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan dan siap menjelaskan apa saja yang berkaitan dengan Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu termasuk upaya-upaya yang dilakukan berkaitan dengan inovasi layanan digital dan optimalisasi teknologi informasi di perpustakaan tersebut. Rangkaian kunjungan ini diakhiri dengan diskusi dan ramah tamah serta tour  melihat seluruh ruangan, fasilitas, dan layanan yang tersedia di Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Disela-sela agenda kunjungan ke Pusat Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, , Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum beserta rombongan menyempatkan waktu untuk  singgah sejenak di Perpustakaan Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu yang dikelola oleh Bapak , Sutriono S.IPI.,M.Pd.I salah seorang pustakawan yang luar biasa yang dimiliki oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.