Workshop Tenaga Teknis Automasi dan Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi se-Tapanuli Bagian Selatan

Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan baru-baru ini, tanggal 25 s.d 27 Nopember 2013 menyelenggarakan Workshop Tenaga Teknis Automasi dan Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi Se-Tapanuli Bagian Selatan bertempat di Aula STAIN Padangsidimpuan. Workshop tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan utusan dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi yang berada di kawasan Tapanuli bagian selatan diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Universitas Graha Nusantara (UGN) Tapanuli Selatan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Tapanuli Selatan, Sekolah Tinggi Agama Islam Tapanuli (STAITA) Padangsidimpuan, Sekolah TInggi Agama Islam (STAI) Pertinu Padangsidimpuan, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) YPPL Gunung Tua, Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Aufa Royhan Padangsidimpuan, Sekolah Tinggi Agama Islam Madina (STAIM) Panyabungan Mandailing Natal, Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kampus Padangsidimpuan, Politeknik Kesehatan Negeri Padangsidimpuan, Akademi Kebidanan Darmais Padangsidimpuan, Akademi Kebidanan Central Padangsidimpuan, dan Akademi Kebidanan Matorkis Padangsidimpuan.

Workshop yang mengusung tema “Implementasi Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi : Aplikasi SLIMS untuk Automasi Perpustakaan” menghadirkan 3 orang narasumber utama, yaitu Bapak Hendro Wicaksono, S.Hum (Kemendikbud RI/Developer SLIMS), Bapak Muhammad Azwar, M.Hum (Tenaga pengajar UIN Alauddin Makasar), dan Ibu Lolytasari, M.Si., M.Hum (Pustakawan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber adalah berkaitan dengan manajemen perpustakaan perguruan tinggi seperti paradigma perpustakaan masa kini, manajemen perpustakaan modern, dan manajemen perpustakaan perguruan tinggi. Selain itu, peserta juga diberikan materi mengenai automasi perpustakaan dan aplikasi SLIMS.

Kepala Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan, Drs. Samsuddin, M.Ag, dalam kata sambutan acara pembukaan kegiatan tersebut mengatakan bahwa sudah saatnya perpustakaan perguruan tinggi terutama yang berada di kawasan Tapanuli bagian selatan untuk mulai menerapkan sistem informasi berbasis teknologi informasi jikalau perpustakaan tersebut ingin tetap digunakan secara optimal oleh para pemustakanya. Oleh sebab itu, beliau menambahkan, aplikasi SLIMS di perpustakaan merupakan salah satu wujud perubahan atau transformasi perpustakaan dari sistem tradisional ke sistem modern. Sementara itu, Ketua STAIN Padangsidimpuan, Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL ketika menyampaikan sambutan penutupan acara tersebut menegaskan bahwa perpustakaan perguruan tinggi harus dapat mengimbangi dan menyahuti perkembangan teknologi yang terjadi saat ini tidak terkecuali perpustakaan perguruan tinggi yang berada di wilayah Tapanuli bagian selatan. Untuk itu, beliau berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal dalam usaha selanjutnya dalam mewujudkan perpustakaan perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 19 =