UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan Menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Referensi Riset dengan Aplikasi Zotero

UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Referensi Riset dengan Aplikasi Zotero pada hari Senin, 15 April 2019 di Aula Biro Rektorat IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan workshop yang dilaksanakan selama sehari, mulai dari pagi hingga sore hari tersebut menghadirkan Kepala Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Faizzuddin Harliansyah, MIM sebagai narasumber. Beliau juga seorang dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Berfoto bersama dengan unsur pimpinan IAIN Padangsidimpuan usai acara pembuka workshop

Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan, Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum dalam kata sambutannya dihadapan 30 orang peserta dari kalangan dosen mengatakan bahwa menggunakan reference management software seperti zotero mempunyai keuntungan yang sangat penting bagi para dosen yang sering melakukan penelitian dan menuliskan hasil penelitian mereka baik dalam bentuk artikel jurnal maupun bentuk-bentuk lain. Aplikasi semacam ini dapat membantu dosen membuat citation style atau referencing style secara mudah dan akurat menurut standar tertentu yang diakui secara internasional. Keuntungan lain adalah memudahkan bagi dosen untuk membangun dan mengelola perpustakaan digital secara mandiri di laptop mereka masing-masing.

Sementara itu, Zuraidah, S.Sos selaku ketua panitia berharap bahwa output dari kegiatan workshop ini adalah adanya peningkatan dalam hal konsistensi dalam model pengutipan rujukan tulisan dengan menerapkan aplikasi zotero. “Kami berharap bahwa dengan aplikasi zotero ini, para dosen, peneliti dapat secara konsisten menerapkan gaya pengutipan referensi dalam menulis.”jelasnya dalam laporan ketua panitia.

Kegiatan workshop ini mendapat dukungan penuh dan sambutan hangat dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Pd. Saat menyampaikan kata sambutannya, beliau menjelaskan bahwa aplikasi Zotero ini sangat bermanfaat bagi seluruh civitas akademik terutama bagi dosen dalam menulis karya-karya ilmiah mereka seperti artikel jurnal, laporan penelitian dan lain sebagainya. “Karya dosen akan mempengaruhi peringkat perguruan tinggi. Kita harus berpindah dari penggunaan cara-cara manual dan tradisional menuju model baru yang otomatis dan praktis. Oleh karena itu penggunaan aplikasi zotero sebagai peningkatan research skills adalah suatu keharusan.” pungkasnya.