Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan hadiri Workshop Literasi Informasi Online di Aula UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan

Senin (09/11/2020) Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan mengadakan workshop literasi online yang diikuti oleh 80 peserta, dan menghadirkan 2 narasumber yaitu Bapak Muhammad Azwar, M.Hum selaku dosen Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Bapak Mufid, S.Ag., S.S., M.Hum selaku Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara virtual. Workshop literasi inofrmasi online ini bertujuan memberikan  pemahaman kepada mahasiwa khususnya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir tentang bagaimana pemanfaatan informasi yang tersedia secara online secara baik dan benar juga bertanggungjawab.  

Dalam kata sambuatnnya, Bapak Yusri Fahmi, S.Ag. S.S., M.Hum selaku Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan menyampaikan bahwa ke depan nanti UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan akan menyelenggarakan kegiatan literasi informasi ini dalam bentuk kelas-kelas kecil yang dilaksanakan secara terjadwal dan terstruktur sehingga diharapkan dapat memberi manfaat kepada mahasiswa IAIN Padangsidimpuan secara keseluruhan.

Pada kesempatan yang sama turut serta Bapak Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL selaku rektor IAIN Padangsidimpuan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini. Pada sambutannya Bapak Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL mengatakan “kampus atau perguruan tinggi, kemungkinan akan dilanjutkan ssecara daring sebagai sistem permanen, jika itu terjadi, maka perpustakaan harus menyesuaikan fasilitas yang dapat diakses secara online, dengan demikian kita tidak perlu lagi memperbanyak infastruktur seperti bangunan, tetapi memperkuat semua perangkat pendukung lancarnya IT seperti hardware dan software, yang kemudian kita harus balajar dari perpustakaan yang sudah mumpuni dan lebih baik, sehingga dengan adanya workshop ini kepala UPT Perpustakaan mendapat masukan dalam perencanaan yang baik untuk dimasukkan ke dalam sistem perencanaannya guna memperkuat perpustakaan”.

Workshop literasi informasi online ini berjalan selama 2 sesi. Sesi 1 di isi oleh Bapak Muhammad Azwar, M.Hum yang pada materinya mengatakan bahwa untuk mendapatkan hasil riset yang berkualitas, peneliti harus menguasai beberapa keterampilan seperti mengutip dari buku babon, mampu menggunakan berbagai literatur ilmiah, menggunakan tools manajemen referensi seperti zotero, mampu mengutip referensi artikel dari jurnal yang berkualitas, dan mampu menulis dengan gaya bahasa sendiri sehingga terhindar dari plagiasrisme.

Sedangkan pada sesi 2 di isi oleh Bapak Mufid, S.Ag., S.S., M.Hum. Beliau mengajak para mahasiswa untuk berlaku jujur dalam melakukan penelitian, dan mengikuti perkembagan tren keilmuan dengan membaca artikel-artikel jurnal. Beliau juga mengharapkan workhsop ini bermanfaat dalam peningkatan studi dan riset baik mahasiswa maupun dosen dan peneliti. “Semoga  kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua dalam rangka meningkatkan studi dan riset kita, karena mutu nilai integritas akademik menentukan universitas dalam mencapai tujuannya, universitas akan bermutu jika  karya ilmiah kita bermutu”. Meskipun workshop ini berlangsung selama 2 sesi tidak mengurangi antusiasme peserta, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan memberikan tanggapan mengenai materi yang disampaikan oleh kedua narasumber.